http://istislahh.blogspot.com/ istislah.com: kata-kata bijak dari sahabat-sahabat Rasulullah SAW

Minggu, 01 Desember 2013

kata-kata bijak dari sahabat-sahabat Rasulullah SAW




berikut ini adalah kumpulan kata-kata bijak dari sahabat-sahabat Rasul kita, Nabi Muhammad SAW, smoga bermamfaat yah, dan menjadi bahan renungan buat kita semua
amin ^.^





1   1.    Kata-Kata Bijak dari khalifah Abu Bakar As Shidiq:


  •       Sesungguhnya seorang hamba itu bila merasa ujub karena suatu perhiasan dunia, niscaya Allah akan murka kepadanya hingga dia melepaskan perhiasan itu. 
  •       Orang yang bakhil itu tidak akan terlepas daripada salah satu daripada 4 sifat yang membinasakan yaitu : Ia akan mati dan hartanya akan diambil oleh warisnya, lalu dibelanjakan bukan pada tempatnya atau; hartanya akan diambil secara paksa oleh penguasa yang zalim atau; hartanya menjadi rebutan orang-orang jahat dan akan dipergunakan untuk kejahatan pula atau; adakalanya harta itu akan dicuri dan dipergunakan secara berfoya-foya pada jalan yang tidak berguna.
  •           Sesungguhnya seorang hamba itu bila merasa ujub karena suatu perhiasan dunia, niscaya Allah akan murka kepadanya hingga dia melepaskan perhiasan itu.
  •          Semoga aku menjadi pohon yang ditebang kemudian digunakan.
  •          Dia berkata kepada para sahabat,”Sesungguhnya aku telah mengatur urusan kamu, tetapi aku bukanlah orang yang paling baik di kalangan kamu maka berilah pertolongan kepadaku. Kalau aku bertindak lurus maka ikutilah aku tetapi kalau aku menyeleweng maka betulkan aku!”
  •          Siapa yang memasuki kubur dengan tidak membawa bekal sama seperti orang yang berlayar dilautan dengan tidak berperahu.



     2.   Kata-Kata Bijak dari khalifah Umar Bin Khattab :


  •          Jika tidak karena takut dihisab, sesungguhnya aku akan perintahkan membawa seekor kambing, kemudian dipanggang untuk kami di depan pembakar roti.
  •     Barangsiapa takut kepada Allah SWT niscaya tidak akan dapat dilihat kemarahannya. Dan barangsiapa takut pada Allah, tidak sia-sia apa yang dia kehendaki.
  •       Wahai Tuhan, janganlah Engkau jadikan kebinasaan umat Muhammad SAW di atas tanganku. Wahai Tuhanku, umurku telah lanjut dan kekuatanku telah lemah. Maka genggamkan (matikan) aku untukMu bukan untuk manusia.
  •    Orang yang paling aku sukai adalah dia yang menunjukkan kesalahanku.
  •       Aku mengamati semua sahabat, dan tidak menemukan sahabat yang lebih baik daripada menjaga lidah.Saya memikirkan tentang semua pakaian, tetapi tidak menemukan pakaian yang lebih baik daripada takwa. Aku merenungkan tentang segala jenis amal baik, namun tidak mendapatkan yang lebih baik daripada memberi nasihat baik. Aku mencari segala bentuk rezki, tapi tidak menemukan rezki yang lebih baik daripada sabar.
  •    Orang yang banyak ketawa itu kurang wibawanya. Orang yang suka menghina orang lain, dia juga akan dihina. Orang yang mencintai akhirat, dunia pasti menyertainya.
    Barangsiapa menjaga kehormatan orang lain, pasti kehormatan dirinya akan terjaga.
  •       Raihlah ilmu, dan untuk meraih ilmu belajarlah untuk tenang dan sabar.
  •       Barang siapa yang jernih hatinya, akan diperbaiki Allah pula pada yang nyata di wajahnya.
  •    Manusia yang berakal ialah manusia yang suka menerima dan meminta nasihat
  •       Barangsiapa menempatkan dirinya di tempat yang dapat menimbulkan persangkaan, maka janganlah menyesal kalau orang menyangka buruk kepadanya.
  •     Kebajikan yang ringan adalah menunjukkan muka berseri-seri dan mengucapkan kata-kata lemah-lembut
  •    Didiklah anak-anakmu itu berlainan dengan keadaan kamu sekarang kerana mereka telah dijadikan Tuhan untuk zaman yang bukan zaman engkau.


3   3. Kata-Kata Bijak dari khalifah Utsman bin Affan:

  •     Tidaklah seseorang menyembunyikan sesuatu, melainkan Allah akan menampakkannya melalui raut mukanya dan ketergelinciran mulutnya.
  •     Aku heran melihat orang yang sudah tahu bahawa dia akan mati, tetapi masih ketawa.
  •     Aku heran melihat orang yang sudah tahu bahawa dunia akan binasa, tetapi masih mencintainya.
  •         Aku heran melihat orang yang sudah tahu bahawa semua perkara terjadi menurut takdir, tetapi masih bersedih kerana kehilangan sesuatu.
  •     Aku heran melihat orang yang sudah tahu bahawa di akhirat ada perhitungan, tetapi masih sibuk mengumpulkan harta.
  •    Aku heran melihat orang yang sudah kenal dengan neraka, tetapi masih melakukan dosa.
  •    Aku heran melihat orang yang sudah mengenal Allah dengan yakin, tetapi masih mengingat selainNya.
  •     Aku heran melihat orang yang sudah mengenal syaitan sebagai musuhnya, tetapi masih mahu mematuhinya.


4    4. Kata-Kata Bijak dari khalifah Ali bin Abi Thalib:

  •     Setiap orang yang sedang disusul oleh kematian meminta lebih banyak waktu. 
    Sementara semua orang yang masih memiliki waktu membuat alasan untuk menunda-nunda.
  •     Pengetahuan adalah teman saya, adalah dengan aku kemanapun aku pergi. Hatiku adalah wadah, bukan rak buku.
  •         ilmu (pengetahuan) tanpa akal (kecerdasan) adalah seperti memiliki sepatu tanpa kaki. Dan akal tanpa ilmu adalah seperti memiliki kaki tanpa sepatu.
  •    Teman sejati Anda adalah orang yang berpartisipasi dalam usaha Anda dan demi keuntungan Anda, dan siap untuk menderita kerugian.
  •    Kemarahan dimulai dengan kegilaan dan berakhir dengan penyesalan.
  •    Seorang teman tidak bisa dianggap teman sampai ia diuji dalam tiga kesempatan; di saat membutuhkan, di belakang Anda, dan setelah kematian Anda.
  •    Kemurahan hati Allah terhubung ke rasa syukur, dan syukur adalah terkait dengan peningkatan kemurahan-Nya. Kemurahan hati Allah tidak akan berhenti meningkatkan kecuali rasa terima kasih dari hamba berhenti.
  •    Orang yang berpikir dan mengembangkan mencerminkan pandangan ke depan dan Visi.
  •     Apakah aku tidak memberitahu Anda siapa Faqeeh sebenarnya? Dia adalah salah satu yang tidak membuat orang putus asa rahmat Allah, namun ia tidak memberikan mereka konsesi untuk tidak mematuhi Allah. Dia tidak membuat mereka merasa aman dari rencana Allah dan dia tidak meninggalkan Al-Qur'an.
  •     Di antara perbuatan, ada empat yang paling sulit untuk menghiasi diri dengan: 1) Pengampunan ketika marah; 2) Kedermawanan di masa sulit; 3) Kesucian saat sendirian; Dan 4) Berbicara kebenaran dengan salah satu yang ketakutan itu.
semoga bermamfaat ^.^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar